Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembangunan Masjid Raya Al Jabbar: Ridwan Kamil Respon Berbagai Kritikan

Rabu, 04 Januari 2023 | Januari 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-04T14:00:58Z

Masjid Raya Al Jabbar Jawa Barat (dok. istimewa)

Narasi Indonesia.com, JAWA BARAT-Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat angkat bicara pembangunan Masjid Raya Al Jabbar Jawa Barat dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pada Rabu (4/1/2023).


Hal itu berangkat untuk merespons kritik warganet yang mempertanyakan Ridwan Kamil menggunakan dana APBD untuk pembuatan masjid.


Gubernur Jawa Barat menyampaikan penggunaan dana negara ialah kesepakatan bersama. Kesepakatan itu tentunya dibahas dulu melalui musyawarah bersama rakyat dalam forum musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).


"Masjid, Gereja, Pura semua bisa dibiayai negara selama itu disepakati eksekutif dan legislatif," terang Ridwan dalam akun Instagramnya @ridwankamil.


Ridwan Kamil menyampaikan kewajiban masyarakat Indonesia memang membayar pajak. Di sisi lain, hukum di Indonesia telah mengatur bahwa penggunaan uang pajak itu merupakan kewenangan pemerintah.


Lebih lanjut, ia membandingkan Masjid Istiqlal Jakarta dibangun menggunakan APBN sebesar Rp7 miliar di tahun 1961 lalu. Bahkan, APBD lainnya juga kerap digunakan untuk membangun rumah ibadah agama lain di pelbagai wilayah.


"Di wilayah mayoritas Kristiani APBD dialokasikan untuk gereja. Di wilayah Bali, APBD/N dipakai untuk membangun kawasan ibadah Pura," pintanya.


Ridwan melanjutkan lagi bahwa rencana pembangunan masjid ini sudah melalui serap aspirasi Ormas Islam dan kebanyakan rakyat Jawa Barat. Rencana pembangunannya pun sudah dibahas tujuh tahun lalu.


Oleh karena itu, ia memastikan tugas pemerintah memenuhi dan membangun aspirasi masyarakatnya.


"Warga Jawa Barat melalui berbagai Ormas Islam menitipkan aspirasi rakyat Jawa Barat agar dibangun Masjid Raya Provinsi sejak tujuh tahun yang lalu. Karena selama ini Masjid Raya Provinsi mengkudeta masjid Agung Kota Bandung," kata dia.


Masjid Al Jabbar yang baru dibangun oleh Ridwan Kamil menjadi ikon baru Kota Bandung. Pembangunan masjid ini memakan biaya kurang lebih Rp1 triliun dengan total luas mencapai 21,799,20 meter persegi.


Masjid Raya Al Jabbar dilengkapi empat buah menara dengan menara tertinggi memiliki tinggi mencapai 99 meter. Ada pula museum seluas 11.238,20 meter persegi di lantai dasar masjid ini.*


Monta/NI

×
Berita Terbaru Update