Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengusaha Muda yang Menginspirasi

Selasa, 03 Januari 2023 | Januari 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-04T06:55:57Z

Pengusaha muda yang menginspirasi (dok. pribadi)

Narasi Indonesia.com, MALANG-Semakin maraknya digitalisasi disemua sektor. Membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat kita. Salah satunya di dunia bisnis. Dimana terjadi transisi dari Offline Market menuju Online Market. Hal ini ditandai dengan bermunculannya platform penjualan online yang begitu pesat. Hadirnya pasar-pasar online ini menjadi warna baru dalam dunia bisnis. Hal ini tentunya memberikan peluang yang besar untuk semua pelaku UMKM dan generasi muda yang ingin membangun bisnisnya tanpa harus memiliki modal yang besar, tempat penjualan dan kebutuhan bisnis yang lainya.


Hadirnya E-Market yang berbasis teknologi android (Hp) ini menjadi ajang bagi para generasi muda untuk berbondong-bondong mengambil peran dalam membangun usahanya sendiri yang cukup efektif dan efisien dalam mengiklan dan menjualkan produknya via online. 


Hal ini juga dilakukan oleh salah satu pengusaha muda yang sangat menginspirasi. Ia biasa di sapa Mas Mubin yang berasal dari Kabupaten Bima-NTB. Ditengah rutinitasnya menempuh pendidikan S2 di UIN Maliki Malang sebagai mahasiswa, ia juga berkerja sebagai tenaga pendidikan disalah satu sekolah Negeri di Kota Batu, menjadi staf Penjaringan Program di Perusahaan Training di Kota Malang, menjadi Pengurus Komisi Nasional Pendidikan Jawa Timur dan rutinitas lainya.


Disela waktunya, ia juga membangun sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa produksi pakaian (fashion). Jenis bisnis ini kerap kita dengar istilah KONVEKSI. Salah satu motivasinya menggeluti bisnis konveksi ini, karena besarnya kebutuhan kostum dan seragam bagi komunitas, organisasi dan instansi.


Peluang ini tentunya tidak disia-siakan olehnya. Sehingga bisnis tersebut yang dimulainya sejak tahun 2022 sampai saat ini berkembang dengan pesat. Mas Mubin menuturkan “untuk pesanan kostum dan seragam ini. Saya sudah melayani seluruh Provinsi se-Indonesia. Saya juga sudah mengekspor produk saya ke Taiwan. Setiap minggunya saya bisa menerima orderan 10-20 pesanan”.


Di usianya terbilang muda, ia sukses dalam membangun bisnis konveksinya. Di awal tahun juga ia meluncurkan Brand Fashionya sendiri yang bernama “XUZU”. Berawal dari hanya melayani jasa pembuatan kostum dan seragam. Kini Mas Mubin telah memiliki brand fashionya sendiri yang siap bersaing dengan brand yang lainya. 


Perjalanannya dalam dunia bisnis, memberikan dampak signifikan terhadap kemandirian ekonominya untuk biaya kuliah S2, biaya hidupnya di rantauan dan biaya kuliah adiknya juga yang sedang menempuh pendidikan S1 di Kota Malang. Hal ini juga telah meringankan beban orangtua dan ikut membantu perekenomian keluarganya.


Kedepanya, semoga bisnis yang digeluti ini dapat berkembang pesat dan brand yang telah diluncurkan dapat dikenal dan diterima dikalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. “Saya berharap jejak saya dalam dunia bisnis ini dapat menjadi acuan bagi anak muda yang ingin terjun kedunia bisnis. Jika dibutuhkan saya siap memfasilitasi semua anak muda yang memiliki tekad kuat untuk berbisnis".*


NM/NI

×
Berita Terbaru Update