Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadirnya BRISC Dalam Ekonomi Internasional Menjadi kekhawatiran Amerika Serikat Sebagai Negara Unipolar

Rabu, 05 Juli 2023 | Juli 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-06T06:34:38Z

Foto Penulis

Narasi Indonesia, Com. Malang-Akhir akhir ini ekonomi politik Internasional menghadirkan kekuatan baru dalam persaingan untuk menjadi kekuatan paling besar di global. Wadah baru yang hadir yakni BRICS merupakan gabungan dari ekonomi Brazil, Rusia, India, China dan South Afrika. BRICS sendiri memiliki tujuan besar yakni untuk memperbaiki pengelolaan dunia dan reformasi keuangan yang dimana dapat merubah kuota dan kekuatan suara di Bank Dunia maupun IMF yang diberikan kepada negara-negara berkembang.


Kehadiran BRICS ini juga akan membuat kekhawatiran bagi Amerika Serikat sendiri sebagai negara unipolar atau negara adidaya yang sering kita kenal sebagai negara super power. Hal ini bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, mulai dari kepadatan penduduk.


Aliansi BRICS ini memiliki rata- rata penduduk yang banyak dan luas wilayahnya masuk dalam lima negara paling luas. Baru dilihat dari kepadatan penduduk belum lagi kita melihat dari segi pendapatan. Sumbangan BRICS ini kepada ekonomi dunia mencapai 31,5, jelas ini jauh dari sumbangan Amerika Serikat sebagai negara super power. Hadirnya BRICS ini juga membuat pesimis masyarakat Internasional kepada Amerika Serikat sebagai Unipolar. 


Berbicara mengenai Unipolar adalah: Pertama. Kekuatan besar di dunia dan Unipolar ini terjadi ketika setelah perang dingin yang dimana Amerika Serikat menjadi satu satunya kekuatan besar di Internasional. Kedua, bipolar yakni ada dua kekuatan besar yang menjadi poros dunia, hal ini terjadi ketika perang dingin yang dimana Amerika Serikat dan Uni soviet menjadi dua kekuatan besar. Ketiga, Yakni Multipolar yang dimana di dunia ini banyak negara yang memiliki kekuatan dan bukan hanya satu atau dua negara yang menjadi poros dunia. Hal ini terjadi saat sekarang ini. Hal ini sudah menjadi sebuah pegangan bagi masyarakat Internasional bahwa di dunia ini bukan lagi unipolar melainkan multipolar. 


Salah satunya masyarakat Internasional berpandangan seperti itu sudah banyak nya kekuatan kekuatan besar seperti Brazil, Rusia, India, China dan belum lagi negara negara timur tengah yang memiliki kekayaan yang melimpah.


Jadi, sekarang Amerika Serikat bukan lagi menjadi negara superpower melainkan ekonomi politik Internasional sudah banyak Negara yang memiliki kekuatan besar seperti aliansi BRICS ini.


Penulis

Herman (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Hubungan Internasional)


Editor

DC/NI

×
Berita Terbaru Update