Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Youth SDGs Center Beri Respon Debat Cawapres Ke-4: Komitmen Pencapaian Pembangunan Seperti Apa?

Senin, 22 Januari 2024 | Januari 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T16:51:37Z


Narasi Indonesia.com, MALANG-Ada yang berbeda dalam debat ke empat calon wakil presiden RI periode 2024-2029. Debat yang diselenggarakan pada 21/01/2024 ini terlihat sangat menarik. Mengawalinya dari tema debat ini salah satunya tentang mengangkat tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals. 


Ketiga calon wakil president pun memberikan gagasan masing-masing untuk lima tahun ke depan. Respon Pun muncul dari berbagai pihak.


Disisi lain debat ini menjadi penting untuk melihat tidak saja penampilan, kesiapan dan kecakapan secara fisik para calon pemimpin Indonesia 5 tahun ke depan, akan tetapi untuk menggali sekaligus menguji gagasan masing-masing pasangan berikut argumentasinya. 


Pembangunan berkelanjutan merupakan isu yang strategis akhir-akhir ini. Isu ini bukan hanya lingkup nasional tapi juga global serta kompleks.


Hal senadapun juga disampaikan oleh Haziz, permasalah pembangunan berkelanjutan sangatlah komplek dan luas. Hingga berdampak pada penyelesaian yang harus sampai ke akar-akarnya. Karena bersifat problem yang terintegrasi satu aspek dengan aspek yang lainnya. 


Lebih lanjut, Haziz menyampaikan bahwa berbagai macam pandangan serta tanya jawab yang disampaikan oleh para cawapres dalam forum debat kali ini. Namun satu hal yang belum kita dapatkan secara kongkrit adalah komitmen bersama terkait pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan target utama tidak ada yang tertinggal “No One Left Behind”.


“Melihat hasil debat ini, kami dari Youth SDGs belum melihat komitment kongrit terkait dengan target pencapaian SDGs ini. Disisi lain pencapaian Indonesia masih terlihat relative menengah di angka ± 60 % pertahun 2023. Hal terakhir yang kami harapkan adalah komitmen target angka kuantitatif saja seberapa berani mereka. Tapi sejauh ini belum ada,” tutup Haziz.*


(m/NI)

×
Berita Terbaru Update