Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 31 Ciptakan Solusi Hijau: Ubah Limbah Lontong Menjadi Kompos

Kamis, 01 Agustus 2024 | Agustus 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-01T07:13:38Z


Narasi Indonesia.com, Jakarta - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan produk pupuk kompos organik dan pakan ternak dari limbah lontong yang merupakan permasalahan sampah di Desa Merjosari RW 06 RT 05, pada Kamis (1/8/2024).

 

Sejumlah siswa ini, berada di bawah bimbingan Dosen Yaris Adhial Fajrin, SH., MH. yang tergabung dalam kelompok 31 gelombang 06. Kelompok ini beranggotakan Candra Pangestu, M. Permana Dwi J., M. Rizqy Badriuddin S., Zulfiana Bariqoh, dan Sheila Puspita N.

 

Melihat permasalahan yang ada di lingkungan RW 06 RT 05 yaitu limbah sampah lontong, dan sebagian warga suka menanam tanaman atau sayuran. Maka dari itu mahasiswa membuat sebuah program kerja yakni pupuk kompos .

Program kerja ini bertujuan dapat mengurangi limbah sampah lontong serta meningkatkan kesadaran warga pentingnya kebersihan lingkungan sekitar dan memberikan wawasan bahwa limbah sampah lontong dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat.

 

Pembuatan pupuk kompos organik tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa PMM UMM kelompok 31, tetapi mereka juga bekerjasama dengan warga sekitar. Kegiatan pembuatan pupuk kompos organik ini dilakukan selama kurang lebih 2 minggu.

 

Pembuatan pupuk kompos ini dimulai dari pencacahan limbah sampah lontong kemudian dicampurkan dengan larutan EM4 yang sudah diaktifkan menggunakan gula merah yang dicampur dengan air, lalu tanah, dan kotoran kambing yang sudah di giling. Menurut (Putra et al., 2021) Tujuan campuran EM4 dengan air adalah untuk melarutkan EM4 karena mikroorganisme yang terkandung dalam EM4 sedang dalam kondisi tidur. Sehingga, larutan EM4 membutuhkan pemicu untuk mengaktifkan mikroorganisme. Kemudian kita tunggu proses pembusukannya kurang lebih selama 1 Minggu.

 

Hasil dari pupuk kompos organik dan pakan ternak ini, kita bagikan kepada warga RW 06 RT 05 untuk digunakan menanam kangkung dan tumbuhan yang lain.*


Sumber: Mahasiswa PMM Kelompok 31

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update