Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tim Bimasakti UGM Raih 7 Penghargaan Internasional di Formula Student Spain 2024

Senin, 12 Agustus 2024 | Agustus 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-12T21:05:23Z


Narasi Indonesia.com, Jakarta - Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengukir prestasi gemilang di ajang internasional. Berkompetisi di Formula Student Spain 2024 yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 1-7 Agustus 2024, tim Bimasakti berhasil meraih 7 penghargaan bergengsi di antara 110 tim dari 26 negara.


Dalam kompetisi ini, Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team mengantongi penghargaan Best Formula Student Spain Spirit serta sejumlah prestasi lainnya, termasuk posisi ke-10 di kategori Autocross, ke-6 dalam Business Plan Presentation, ke-7 di Cost and Manufacturing Event, ke-9 pada Design Event, ke-12 dalam kategori Acceleration, ke-9 di Skidpad, dan peringkat ke-9 secara keseluruhan. Prestasi ini menempatkan Bimasakti UGM di atas beberapa universitas terbaik dunia.


Leander Axellino, kapten tim, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini. Ia menyatakan bahwa penghargaan internasional ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh anggota tim selama berbulan-bulan.


“Sebagai satu-satunya tim dari Asia, penghargaan ini sangat membanggakan bagi kami dan tentunya bagi Indonesia,” ujar Leander dalam keterangan pers, pada Senin (12/8/2024), dikutip pada laman resmi ugm.ac.id.


Selain fokus pada kompetisi, Tim Bimasakti juga menonjolkan budaya Indonesia melalui berbagai cara, termasuk livery mobil dan seragam bermotif khas Sasambo, serta promosi pariwisata Indonesia melalui souvenir dan makanan khas yang dibagikan di acara tersebut. “Kami ingin memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dan melestarikan warisan budaya untuk generasi mendatang,” tambahnya.


Leander juga menceritakan bagaimana tim Bimasakti berhasil melewati serangkaian uji teknis seperti technical inspection, tilt test, brake test, dan noise test sebelum berkompetisi dalam berbagai cabang lomba seperti Dynamic Events (Autocross, Skidpad, Endurance & Acceleration) dan Static Events (Business Plan Presentation, Cost and Manufacturing Presentation, serta Engineering Design Presentation).


Kompetisi Formula Student Spain sendiri diikuti oleh berbagai negara dari seluruh dunia, dan Tim Bimasakti UGM menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada para peserta dan juri, serta membangun jembatan persahabatan antarbangsa.


Keikutsertaan Tim Bimasakti UGM dalam kompetisi ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, serta berbagai institusi lainnya. Tim berkomitmen untuk terus melakukan riset dan inovasi, serta mengharumkan nama Indonesia di kompetisi mendatang.*


(m/NI)

×
Berita Terbaru Update