Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jokowi Soal Angkatan Siber TNI: Prabowo Menuju ke Sana

Kamis, 12 September 2024 | September 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-12T12:25:45Z


Narasi Indonesia.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai wacana pembentukan angkatan siber. Menurutnya hal itu merupakan hal baik jika dilaksanakan.


"Ya sangat baik, karena negara lain sudah mulai," kata Jokowi di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kamis (12/9/2024), dikutip pada laman resmi CNBC Indonesia.


Jokowi melihat setidaknya ada 4 negara yang sudah membangun angkatan ke empat, yakni angkatan siber. Selain mantera darat, laut, udara.


Namun menurutnya baiknya wacana ini ditindaklanjuti oleh Pemerintah baru kepemimpinan Prabowo Subianto. Menurutnya presiden terpilih juga sudah memikirkan hal ini.


"Saya rasa nanti semua negara akan menuju ke sana. Termasuk saya kira tapi nanti biar pemerintah baru pak presiden Prabowo Subianto yang akan menuju ke sana," kata Jokowi.


Sebelumnya Menkominfo Budi Arie Setiadi bicara mengenai pembentukan angkatan siber. Menurutnya gagasan itu krusial untuk menghadapi perang di masa depan.


"Singapura sudah punya angkatan keempat angkatan siber. Jadi, kita ini negara sebesar kita memerlukan pertahanan siber yang kuat," ujarnya saat ditemui usai Raker dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Rabu (4/9/2024).


Menurutnya, pertahanan siber sangat penting untuk masa depan Indonesia. Pasalnya, negara-negara maju untuk perang 10-20 tahun ke depan bukan perang fisik melainkan perang siber.*


(m/NI)

×
Berita Terbaru Update