Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jusuf Kalla Bandingkan Nadiem Makarim dan Mendikbud Sebelumnya

Minggu, 08 September 2024 | September 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-08T12:18:37Z


Narasi Indonesia.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) melempar kritik terhadap kinerja Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. 


JK menyebut Nadiem sebagai menteri jarang ke kantor dan juga mengecek permasalahan ke daerah. Dia pun membandingkan JK dengan menteri pendidikan sebelumnya, termasuk Anies Baswedan, dikutip pada lan resmi CNBC Indonesia.


"Ada orang, the man behind the gun. Kalau perusahaan, CEO. Dari daftar, siapa menteri pendidikan selama ini. Pak Ki Hajar Dewantoro, orang hebat, mendirikan taman siswa. Itu cikal bakal dari prinsip pendidikan kita. Ada Pak Soemantri, ada Syarief Thayeb, Daoed Joesoef, Fuad, semua orang hebat di bidang pendidikan," ujar JK, mengutip detiknews, pada Minggu (8/9/2024).



JK menyebutkan tokoh-tokoh itu memiliki latar belakang kuat di bidang pendidikan. Dia juga mengulas menteri pendidikan terakhir sebelum Nadiem, Anies Baswedan.


"Ada kemudian Mas Nadiem, yang tidak punya pengalaman guru, bidang pendidikan, tidak pernah datang ke daerah, jarang ke kantor," ujarnya.


JK kemudian mengibaratkan kementerian seperti perusahaan di mana pimpinan atau CEO sebagai tonggaknya. Dia pun menceritakan pengalaman saat hendak bertemu dengan Nadiem.


Alih-alih di kantor, Nadiem meminta JK menemuinya di apartemen. JK pun meminta dalam pemerintahan selanjutnya, untuk berhati-hati memilih menteri. "Karena bagaimana, berapa puluh anggaran dikasih kalau CEO-nya begini, bagaimana bisa jadi," imbuh dia.


Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Makarim sebagia mendikbudristek pada 23 Oktober 2019. Sebelum bergabung dengan kabinet, Nadiem dikenal sebagai pendiri Gojek. 


Adapun satu program yang diusung Nadiem sebagai menteri adalah Merdeka Belajar.*


Sumber: (m/NI)

×
Berita Terbaru Update