Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Museum NTB didik Generasi Muda Jadi Arkeolog

Rabu, 23 Oktober 2024 | Oktober 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-23T17:31:56Z

Dok. Museum NTB bekerjasama dengan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komda Balinusra Menggelar kegiatan Belajar Arkeologi Cilik di Museum NTB. 

Narasi Indonesia.com, Mataram – Museum Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komda Balinusra menggelar kegiatan unik yang menarik minat masyarakat, khususnya kalangan anak-anak, yaitu "Belajar Bersama Arkeolog Cilik.

 

Arkeologi cilik yang bertajuk "Eksploring the Wonders" sebagai upaya museum untuk meningkatkan  pengetahuan dan kesadaran anak-anak mengenai arkeologi dan sejarah melalui pengalaman langsung yang berlangsung di lapangan Mantar Museum NTB, Selasa (22/10).

 

Kegiatan ini diadakan selama 2 hari yang diikuti oleh sekolah-sekolah se-Pulau Lombok, tardiri dari 6 Grup Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan 6 grup Jenjang Sekolah Menengah Pratama (SMP) yang diajak untuk merasakan pengalaman menjadi arkeolog.

 

Mereka diberikan tantangan untuk menggali dan menemukan replika artefak yang telah disembunyikan di area khusus yang disiapkan oleh pihak museum. Setiap peserta grup diajarkan untuk menemukan sebanyak mungkin peninggalan bersejarah dalam waktu yang ditentukan.

 

Pada kesempatan ini, Kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk untuk mengedukasikan sejarah lokal dan penemuan arkeologi kepada generasi muda secara interaktif dan menyenangkan.

 

“Kami ingin anak-anak tidak hanya belajar sejarah dari buku, tetapi juga merasakannya langsung melalui pengalaman. Dengan begitu, mereka akan lebih memahami dan mencintai warisan budaya kita,” ungkapnya.

 

Ia mengatakan bahwa arkeolog cilik ini merupakan upaya museum untuk memperkenalkan berbagai artefak, replika atau gambar peninggalan sejarah di wilayah NTB seperti, temuan-temuan situs purbakala.

 

"Jadi peserta diajak untuk menemukan replika prbakala yang disembunyikan. Dengan begini meraka merasakan langsung pengalaman menjadi arkeolog", terangnya.

 

Dengan begitu Ia berharap kedepan arkelog cilik ini akan menjadi kegiatan rutinitas tahuan museum sebagai upaya untuk mencetak generasi-generasi menjadi arkeolog.

 

"Kita berharap, arkeologi cilik ini dapat menjadi upaya kita untuk membina generasi kita menjadi arkeolog yang mempunyai daya saing yang tinggi", harapnya.

 

Sementara itu, Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Komisariat Daerah Balinusra, Iwan Kristiawan menyampaikan bahwa kegiatan arkeolog cilik ini merupakan upaya pengenalan lebih dini tentang arkeologi.

 

Menurutnya, ilmu tentang mempelajari masa lalu atau merekontruksi masa lalu yang sampai saat ini pun secara spesifik tentang arkeologi masih meninggalkan pekerjaan rumah yang panjang. Sehingga masih banyak misteri-misteri masa lalu yang belum terpecahkan.

 

"Jadi dengan mengenalkan lebih dini kepada generasi kita, mereka akan lebih dini juga mengenal bahwa arkeologi itu adalah satu ilmu yang penting juga didalam memahami siklus kehidupan dari masa lalu sampai masa kini", katanya.


Editot:

(m/NI)


×
Berita Terbaru Update